Rabu, 29 Maret 2017

M A N U S I A



M A N U S I A
MODUL DIKLAT PEJABAT
 


TUJUAN PENGAJARAN
O     Peserta DIKLAT mampu menjelaskan konsep Alkitab tentang manusia.
O     Peserta DIKLAT mampu memberikan penjelasan makna teologis tentang manusia ciptaan Allah
O     Peserta DIKLAT mampu mengimplementasikan pengajaran tentang manusia dalam pelayanan gerejawi.

PENDAHULUAN
O     Doktrin tentang manusia bisa ditinjau dari dua sudut : Filosofis dan Theologis.
O     Dalam bahasan ini hanya dijelaskan dari sudut Teologis (berdasarkan Alkitab)

ASAL USUL MANUSIA
O     Ada tiga teori yang berkembang sehubungan dengan Asal usul manusia:
1.       Teori Evolusi
2.       Teori Evolusi Teistik
3.       Teori Penciptaan
Note:
Pembahasan Alkitab ttg manusia bagi kita penting, bukan karena kita Kristen, melainkan bahwa kita berkeyakinan Alkitab sumber penyataan Allah yang utama

O     Teori EVOLUSI: Pelopornya adalah Charles Darwin: menyatakan bahwa keberadaan manusia merupakan hasil dari suatu perkembangan atau proses yang secara lambat laun mengalami perubahan bentuk dari sederhana menuju kepada yang lebih sempurna
O     Teori ini sebanding dengan filsafat materialisme dalam memandang eksistensi alam semesta berasal dari benda.
O     Teori EVOLUSI TEISTIK: Dalam teori ini manusia diakui merupakan ciptaan Allah, namun demikian keberadaannya sebagai manusia tidak terjadi secara langsung, melainkan bertahap atau evolusi.
O     Alasannya telah ditemukan manusia purba dan dapat ditemukan dalam Alkitab. Aliran ini mencocokkan ilmu pengetahuan kepada Alkitab.

PENGERTIAN GAMBAR DAN RUPA ALLAH
O     Kejadian 1:26-27 menyebutkan gambar dan rupa Allah (bahasa Ibrani :Tselem demuth), dalam bahasa Latin diartikan sebagai Imago Dei (citra Allah).
O     Rupa dan gambar pada intinya sama, pemakian yang berbeda; rupa (Kej 5:1; Yak 3:9); gambar (Kej 9:6; Kej 1:27)
O     Teori PENCIPTAAN:  Dalam teori ini diakui bahwa eksistensi manusia terjadi karena diciptakan ALLAH. Bahkan segala sesuatu yang ada dalam alam semesta ini karena Alalh yang menciptakannya ( Kej 1:1; Kol 1:16)
O     Dasar Alkitab penciptaan manusia (Kej 1:26-27) Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.

MANUSIA SEBAGAI CIPTAAN ALLAH
O     Manusia diciptakan dengan terencana, berbeda dengan ciptaan lainnya (Kej 1:26)
O     Allah tidak langsung berfirman tetapi menciptakan dengan penuh kasih (Kej 2:7)
O     Hanya manusia yang diciptakan serupa dan segambar dgn Allah
O     Manusia diperintahkan untuk menguasai segala sesuatu, artinya derajat manusia lebih tinggi dari ciptaan lainnya.
O     Pengertian gambar Allah berarti bahwa manusia memiliki kemuliaan, kebenaran dan kesucian.
O     Gambar dan rupa Allah menunjukkan bahwa manusia memiliki citra atau karakter Allah.
O     Gambar dan rupa Allah, secara umum memberikan perbedaan manusia dari makhluk lain yaitu memilki pikiran, perasaan dan kemauan.

MAKNA GAMBAR DAN RUPA ALLAH
O     Alkitab menyatakan bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Memiliki makna:
O   Pertama, ALLAH SEBAGAI SUMBER HIDUP MANUSIA (Yoh 1:3)
O   Kedua, ALLAH SEBAGAI MODEL ATAU TELADAN HIDUP MANUSIA (Yoh 14:12)
O   Ketiga, ALLAH SEBAGAI TUJUAN HIDUP MANUSIA
O   Keempat, ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA SEBAGAI CIPTAAN YANG UNIK.



PENGERTIAN DOSA
O     Definisi dosa menurut beberapa ayat Alkitab:
-       Pemikiran yang bodoh ( Amsal 24:9)
-       Pelanggaran thd hukum Allah ( I Yoh 3:4)
-       Kejahatan atau penyebab kejahatan (1 Yoh 5:17)
-       Perbuatan yang dilakukan tanpa iman (Roma 14:23)
-       Orang tahu untuk berbuat baik namun tidak melakukan (Yak 4:17)

O     Istilah PL untuk dosa, antara lain:
1.    Khata artinya tidak mengenai sasaran (Im 4:2-3;Maz 32:1,5; 52:2-5; Yesaya 53:10,12)
2.    Ra artinya menghancurkan, menghentikan, jahat
3.    Pasha artinya memberontak, pelanggaran (Kel 34:7; Bil 14:18;Maz 19:13;32:1)
4.    Awon artinya perasaan bersalah akibat perbuatan dosa (Maz 52:3; Im 16:21; Maz 103:3)
5.    Shagag artinya melakukan kesalahan
6.    Asham artinya rasa bersalah (Im 6:2,5,6; 7:1-7)
7.    Taah artinya menyimpang, tersesat.

O     Jadi konsep Dosa menurut PL adalah:
O   Pertama, Dosa bertentangan dengan norma dan merupakan ketidaktaatan kepada Allah.
O   Kedua, Perbuatan salah yang menyebabkan rasa bersalah
O   Ketiga, Dosa merupakan perbuatan aktif dakam kesalahan atau suatu tindakan menuju sasaran yang salah.

O     Istilah PB mengenai dosa:
1.    Kakos artinya buruk, tidak baik
2.    Poneros artinya kejahatan
3.    Hamartia artinya tidak mencapai sasaran (Mat 1:21; 26:28; Luk 24:47)
4.    Hamartema artinya ketidakpatuhan terhadap hukum (Mrk 3:28;Roma 3:25)
5.    Anomia artinya kedurhakaan, tidak punya aturan (Mat 7:23;23:28; Roma 4:7)
6.    Parabates artinya pelanggaran ( 2 Pet 2:16)
7.    Paraptoma artinya pelanggaran secara sengaja (Mat 6:14;Roma 4:24; 2 Kor 5:19)
8.    Agnosis artinya tidak berpengetahuan/tidak berpengertian (Ibr 9:7)

O     Jadi konsep dosa menurut Perjanjian Baru adalah :
O   Pertama, Semua dosa adalah pelanggaran hukum atau pemberontakan
O   Kedua, Dosa atau kejahatan memiliki bentuk yang banyak sekali
O   Ketiga, Dosa menuntut pertangungjawaban manusia.
KEJATUHAN MANUSIA
O     Tuhan tidak menciptakan dosa, adapun manusia jatuh dalam dosa, menurut telaah Alkitab:
1.    Kehendak bebas manusia untuk memilih taat kepada Allah atau melawan kehendak Nya
2.    Pohon pengetahuan yang baik dan jahat adalah ujian apakah manusia memilih Allah atau menolak iblis

O     Tuhan tidak menciptakan dosa, adapun manusia jatuh dalam dosa, menurut telaah Alkitab:
1.    Kehendak bebas manusia untuk memilih taat kepada Allah atau melawan kehendak Nya
2.    Pohon pengetahuan yang baik dan jahat adalah ujian apakah manusia memilih Allah atau menolak iblis

Catatan:
        Jadi dosa tidak berasal dari Allah, Allah tidak menciptakan dosa

SUMBER DOSA
O     Pandangan Alkitab sumber dosa adalah Keinginan Daging (ini bukan berarti bahwa daging/fisik kita sumber dosa)
O     Galatia 5:17 Alkitab menyebutkan bahwa keinginan daging bertentangan dengan keinginan ROH
O     Alkitab mengajarkan bahwa dosa bukan pada tubuh atau benda melainkan dalam HATI (Mat 15:19)

MENJALARNYA DOSA
O     Dosa dibedakan menjadi dua yakni DOSA WARISAN dan DOSA PERBUATAN
1.       Dosa warisan karena kesalahan warisan (Kej 3:15,16: Roma 6:23) hukuman dijatuhkan Allah kepada Adam dan keturunannya
O     Dosa warisan karena kerusakan warisan (Ef 3:1), dosa ini bukan berdasarkan kelahiran, namun dipengaruhi orangnya.
2.       Dosa Perbuatan: dilakukan oleh manusia sendiri, yang dibedakan menjadi:
O     Dosa pikiran, perkataan dan perbuatan (semua ini bukan merujuk kepada besar kecilnya tetapi dosa seutuhnya)
O     Dosa terhadap Roh Kudus (Mat 12:24-42), secara khusus dlm Matius 12:32 dosa penghujatan thd RK diartikan menentang pekerjaan Roh Kudus, ada juga yang mengartikan kemurtadan (Ibr 6:4-6; I Yoh 5:16)

AKIBAT DOSA
O     Hukuman terhadap dosa meliputi:
1.       MAUT atau KEMATIAN (Roma 6:23) diartikan perceraian apa yang dipersatukan Tuhan, terdiri dari:
-          Perceraian roh dan tubuh (mati jasmani)
-          Perceraian antara Allah dengan manusia (mati rohani)
-          Perceraian kekal antara Allah dengan manusia (kematian kedua: Why 21:28)
2. Hubungan manusia dengan Allah menjadi rusak (setelah berdosa manusia tersingkir dari hadirat Tuhan)
-          Ketika Allah menghukum dosa manusia, maka ada dua implikasi. Pertama, bagi orang berdosa ganjaran bagi perbuatan jahat yang dilakukan. Kedua, bagi orang percaya merupakan disiplin yang memurnikan


MANUSIA HARUS BERTOBAT
O     Istilah PL untuk bertobat : Nakhas (menyesal); Syub (berpaling dan kembali kepada Tuhan)
O     Istilah PB : Metanoia (kata ini menunjuk pada perubahan dalam hati atau niat); Epistrope: menunjuk pada perubahan dalam hidup atau tingkah laku yang kelihatan

O     Bertobat berarti Keadaan dimana seseorang menyesal karena dosanya yang dinyatakan Firman Allah dan RK,sehingga oleh kehendak sendiri ia mengubah pikirannya dan hatinya lalu berbalik dan berpaling kepada ALLAH
O     Pertobatan meliputi 3 hal:
-          Pertobatan menyangkut pikiran
-          Pertobatan menyangkut perasan hati
-          Pertobatan menyangkut kehendak seseorang

HASIL DARI PERTOBATAN
1.       Menerima pengampunan DOSA ( 1 Yoh 1:9;Yesaya 1:18)
2.       Mempunyai rasa damai dengan Allah (2 Kor 5:19-20)
3.       Ada sukacita besar pada Allah (Luk 15:10)
4.       Ada sukacita besar pada malaikat-malaikat Allah (Luk 15:1-10)

KESIMPULAN
O     Allah menciptakan manusia dengan rancangan yang INDAH dan MULIA, diciptakan seturut gambar dan rupa Allah. Artinya diberikan hak bersekutu dan behubungan dengan Allah.
O     Rencana Allah rusak karena manusia tidak taat kepada Allah, manusia jatuh dalam dosa.
O     Dengan usaha manusia, maka manusia tidak mungkin lepas dari hukuman Tuhan atas DOSA.
O     Harus bertobat dan LAHIR BARU, untuk mengalami pemulihan.
Allah memberikan rancangan Indah kepada manusia sekalipun Manusia jatuh dalam dosa dengan memberikan anakNya yang tunggal (Yoh 3:16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A L L A H

A L L A H MODUL DIKLAT PEJABAT   TUJUAN PENGAJARAN •       Peserta DIKLAT mampu menjelaskan konsep dan keberadaan Allah...