Rabu, 29 Maret 2017

KEDATANGAN KRISTUS KEDUA KALI DAN KEBANGKITAN ORANG MATI



KEDATANGAN KRISTUS KEDUA KALI
DAN KEBANGKITAN ORANG MATI
MODUL DIKLAT PEJABAT
 


TUJUAN PENGAJARAN
1.      Peserta DIKLAT mampu menjelaskan konsep Alktabiah tentang kedatangan Kristus kedua kali berdasarkan doktrin GBI
2.      Peserta DIKLAT mampu menjelaskan urutan akhir zaman berdasarkan ajaran Alkitab.
3.      Peserta DIKLAT mengaplikasikan doktrin kedatangan Kristus kedua kali dan kebangkitan orang mati dalam pelayanan gereja.

KEDATANGAN KRISTUS KEDUA KALI
¨  Isi pengakuan iman GBI tentang hal ini Tuhan Yesus Kristus akan turun dari sorga untuk membangkitkan semua umatNya yang telah mati dan mengangkat semua umat yang masih hidup lalu bersama-sama bertemu dengan Dia di udara, kemudian ia akan datang kembali bersama orang kudusnya untuk mendirikan kerajaan seribu tahun  di bumi ini

BEBERAPA PANDANGAN
¨  Pertama, PREMILENIUM. Meyakini bahwa Yesus akan datang kembali ke dunia setelah itu Ia akan memerintah dalam kerajaan 1000 thn. Jadi Ia datang sebelum kerajaan itu.
Pandangan ini terdiri atas dua:
O     Premilenium klasik (historis) berpendapat bahwa kedatangan Yesus kedua kali adalah peristiwa tunggal (dengan pengangkatan gereja)
O     Yang kedua : Premilemium dispensasional  berpendapat bahwa kedatangan Kristus kembali terjadi dalam dua tahap yakni pengangkatan gereja (rapture/parousia) dan penampakan Kristus (revelation atau apocalypse/epyphany). Kedua masa ini dipisahkan oleh 7 thn masa kesukaran  besar atau tribulasi (Wah 7:14)
¨  Kedua, POSTMILENIUM. Pandangan ini mengharapkan Kristus akan datang ke bumi setelah dunia diperintah dalam kebenaran dan damai sebagai akibat dari pemberitaan Injil.
¨  Ketiga, AMILENIUM. Pandangan ini menganggap bahwa tidak ada pemerintahan Kristus di bumi secara nyata. Kerajaan seribu tahun itu bersifat rohani, dimana Allah hadir melalui firman dan rohNya serta gerejaNya. 


PANDANGAN GEREJA PENTAKOSTA
¨  Umunya gereja-gereja pentakosta menganut paham premilenium, dengan beberapa alasan:
-          Untuk menggenapi nubuatan kedatanganNya yang kedua
-          Untuk memelihara integiritas karakter Allah
-          Untuk memanifestasikan secara penuh kemuliaan Kristus dalam kerajaan yang diperintahNya
-          Untuk menggenapi rencana Allah
-          Untuk menjadi dasar pengajaran dan teguran dalam kehidupan  gereja Tuhan pada akhir zaman
-          Untuk pemulihan hubungan  yang harmonis di antara Allah dan ciptaanNya
-          Untuk menggenapi perjanjian kekal Allah kepada Israel
-          Untuk memberikan test  terakhir bagi manusia

TEORI PENGANGKATAN
¨  Pertama, PRETRIBULASI : Kristus akan datang untuk  orang-orang kudusNya (rapture), sebelum masa tribulasi kemudian Ia akan datang bersama-sama orang-orang kudusNya(revelation), setelah masa antikris memerintah di bumi selama 7 tahun (I Tes 1:10;4:13-18; Yih 14:1-3; I Kor 15:51-58)

}  Pengangkatan parsial: hanya orang percaya yang berjaga dan menantikan kedatangan Tuhan yang akan diangkat sebelum masa tribulasi (Matius 24:40-51;Fili 3:10-14; Wah 2:11; 3:5,10)

¨  Kedua, MIDTRIBULASI: Gereja akan diangkat pada pertengahan masa tribulasi yaitu masa aniaya 3 ½ thn (Dan 7:9,27;12:7; Wah 11:23; 12:3-6; 1 Tes 4:15.16)

¨  Ketiga, POSTTRIBULASI: gereja akan diangkat menjelang akhir masa aniaya besar yaitu pada kedatangan Kristus kedua kali.

¨  Kata-kata yang berbeda tentang kedatangan Kristus kembali dalam PB sebenarnya bukan mengarah pada tahapan dari kedatangan itu
¨  Ayat landasannya: Mat 13:24; 24:3-31; Wahyu 3:10; 20:4-6)

DOKTRIN MENURUT GBI
1.   GBI yakin bahwa Kristus pasti akan datang kembali, yang sekaligus merupakan pengharapan yang penuh bahagia.
2. Kedatangan Kristus kembali terjadi dua tahap. Pertama, Ia datang untuk gerejaNya yaitu pengangkatan gereja yang sempurna (RAPTURE). Kedua, Ia datang bersama gerejaNya untuk mendirikan kerajaan 1000 di bumi dan berpusat di Yerusalem (Why1:7: 19:11-16; 20:1-6; Yud 1:14)
3.   Tanda-tanda yang mendahului kedatangan Kristus:
-       Dosa diantara umat Kristen. Banyak yang murtad dan tidak percaya kedatangan Kristus (Mat 24:9-12; II Pet 3:1-4)
-       Tanda bangsa Israel yaitu pohon ara yang bertunas. Mereka akan kembali ke tanah airnya dan mendirikan negaranya (merebut kota sucinya) (Mat 24:30-35; Yeh 37:14; 21-28)
-       Tanda bangsa kafir. Mereka takut dan bingung melihat tanda matahari, bulan dan bintang (Luk 21:25-26). Mereka hidup tanpa Allah (Mat 24:37039)
-       Tanda ilmu pengetahuan . Perkembangan ilmu dan teknologi modern di dibidang komunikasi dan persenjataan (pengulangan menara Babel) band Daniel 12:4; Kej 11:1-9; Wahyu 17:1-8
4.      Pemerintahan antikristus pada tujuh tahun terakhir (untuk menutup sejarah dunia) menjelang kedatangan Kristus yang kedua kali
5.      Pengangkatan gereja yang sempurna (rapture atau parousia)
-       GBI menganut paham premilenium-dispensasional. Artinya bahwa kedatangan Kristus kedua kali akan terjadi dalam dua tahap. Pertama, untuk membangkitkan orang benar  dan mengangkat orang-orang kudusNya yang masih hidup dan bertemu dengan Dia di udara. Kedua, untuk memerintah selama 1000 thn di bumi.
-       Tidak ada dasar Alkitab secara tegas menyebutkan hal di atas, karena itu GBI tidak menekankan teori pengangkatan (band Mat 24:36; Kis 1:7)
6.      Setelah pengangkatan gereja ke sorga, maka terjadi dua peristiwa di sorga yaitu:
-       Kursi pengadilan Kristus. Mereka yang diangkat akan menghadap Kristus untuk menerima pahala sesuai dengan perbuatannya (Roma 14:10-12; II Kor 5:10; Ibr 9:27)
-       Pesta perkawinan Anak Domba Allah. Inilah persekutuan yang sempurna antara Yesus dengan gerejaNya (Ef 5:22-33; Why 19:1-9)
7.      Sebaliknya dari hal di atas setan dicampakkan ke bumi dengan segala malaikatnya (Why 12:9) Inilah zaman kerajaan setan yang nyata atas seluruh dunia, nabi palsu dan antikristus (Why 13:1-8), selama 3 ½ thn (Why 12:6; 14; 13:5) Ia banyak mengadakan banyak mujizat dan tanda yang menyesatkan orang (I Tes 2:9,10)
8.      Pada bunyi sangkakala malaikat yang ketujuh, sorga terbuka dan Tuhan Yesus datang dengan tentara sorga menunggang kuda putih untuk membinasakan antikristus dan tentaranya dalam perang di Harmagedon (Why 16:12-16; 19:11-21)
9.      Tuhan Yesus mendirikan kerajaan 1000 tahun damai di bumi ini (Wahyu 2:26.27; 5:10; Roma 8:17-18)
10.  Hukuman akhir dan dunia baru. Mendekati akhir (setelah akhir) kerajaan 1000 thn, iblis akan dilepaskan seketika dan terjadilah perang terakhir melawan Kristus, Tuhan dan Raja. Ini disebut dengan Gog dan Magog (Why 20:7-8; Yeh 38-39), iblis dikalahkan dan dicampakkan ke lautan api selamanya (Why 20:9-10).

YANG HARUS DITEKANKAN
¨  Keyakinan yang teguh dan harus kita miliki bawa Kristus pasti kembali (Mat 24:35; II Petrus 3:8,9; Bil 23:19)
¨  GBI menganut paham Premilenium dispensasional
¨  Dalam menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali, perintah Yesus:
-       Bertahan sampai kesudahannya
-       Beritakan Injil kpd bangsa (Mat 24:14)
-       Berjaga dan berdoa serta siap sedia (Mat 24:42)

KEBANGKITAN ORANG MATI
¨  GBI secara fundamental mempercayai bahwa semua orang mati akan dibangkitkan.
¨  Dasar Alkitabnya adalah kebangkitan Kristus (I Kor 15:20), Yesus juga menyebutkan bahwa Ia adalah kebangkitan dan hidup (Yoh 11:25)

ISI PENGAKUAN IMAN GBI
“Pada akhirnya semua orang mati akan dibangkitkan.Orang benar akan bangkit pada kebangkitan yang pertama dan menerima hidup yang kekal, tetapi orang yang jahat akan bangkit pada kebangkitan yang kedua dan menerima hukuman selama-lamanya”

¨  Pengakuan iman GBI di atas menegaskan keyakinan bahwa orang percaya pasti menerima kehidupan yang kekal
¨  Dasar pemikiran doktrin ini didasarkan pada:
-          Keselamatan itu adalah anugerah Tuhan Yesus (Ef 2:8-9)
-          Yesus Kristus sendiri satu-satunya Pribadi yang telah mewakili dan atas nama kita memenuhi tuntutan  hukum taurat (Gal 3:21)
-          Kristus mendamaikan dunia dengan diriNya (2 Kor 5:19), terjadi ketika Kristus mati, justru pada saat kita masih seteru Allah.
-          Tuntutan dari harga maut itu sudah sepenuhnya dibayar Kristus dengan lunas (1 Kor 6:20; 7:23; Gal 3:13; 4:5)

URUTAN PERISTIWA AKHIR ZAMAN
¨  Pengangkatan orang benar lebih dahulu sebelum kebangkitan orang jahat dan penghukuman
¨  Pengangkatan terjadi sebelum aniaya besar (Tribulasi)
¨  Kebangkitan pertama terjadi bersamaan dengan pengangkatan (rapture) bagi orang yang percaya dan masih hidup,setelah diubahkan.
¨  Kebangkitan kedua terjadi pada akhir pada akhir masa pemerintahan 1000 thn, sementara itu iblis dilepas untuk sementara waktu (Wah 20:4b)
¨  Terjadi kebangkitan orang jahat dan kemudian menerima penghukuman yang kekal (inilah kesudahan segala sesuatu)

PERSAMAAN PANDANGAN INJILI DAN PENTAKOSTA
1.      Meyakini bahwa Tuhan Yesus pasti datang untuk kedua kali
2.      Tidak ada yang tahu kapan Ia datang, sebab itu perlu siap sedia setiap waktu
3.      Meyakini adanya kebangkitan fisik dan pasti terjadi
4.      Orang percaya dihakimi dalan rangka menentukan  upah
5.      Percaya bahwa neraka dan sorga ada
6.      Percaya bahwa akhirnya orang percaya bersekutu dengan Tuhan selama-lamanya

KEADAAN ORANG PERCAYA YANG DIBANGKITKAN
¨  Yang paling sering disoroti dalam hal ini adalah masalah tubuh yang dibangkitkan ( 1Kor 15:35)
¨  Paulus memberikan perumpamaan tentang biji dalam 1 Kor 15:33-34. Melukiskan bahwa Allah berkuasa dan mampu memberikan hidup kepada hal-hal yang mati.

         Allah memberikan tubuh kemuliaan, dan behubungan dengan tubuh dan daging sekarang   ( 1Kor 15: 38)

¨  Sementara keadaan orang yang tidak percaya, tidak dibahas secara langsung oleh Alkitab, namun yang jelas mereka dibangkitkan dlm kehinaan, dan untuk mengalami penderitaan yang tak berkesudahan.
¨  Tempat mereka adalah dikenal dengan neraka. Dlm Alkitab dipakai istilah GEHENNA, tempat penghukuman yang dahsyat dan selama-lamanya.
¨  Istilah lain adalah Hades dan Sheol, diartikan tempat penderitaan mirip dengan neraka sewaktu mereka belum dibangkitkan.
¨  Istilah GEHENNA terdapat 12 X dlm PB merujuk kepada penghukuman kekal, dr kata Ibrani GE HINNOM (lembah HINNOM) (band 2 Raja 16:3; 17:7; 22:6)

KESIMPULAN
¨  GBI menaruh keyakinan akan adanya masa kebangkitan orang percaya dan kebangkitan orang tidak percaya. Urutan keduannya berbeda.
¨  Orang percaya bangkit dan menerima keselamatan kekal
¨  Orang jahat bangkit menerima hukuman selama-lamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A L L A H

A L L A H MODUL DIKLAT PEJABAT   TUJUAN PENGAJARAN •       Peserta DIKLAT mampu menjelaskan konsep dan keberadaan Allah...